Minggu, 04 Maret 2012

Manusia dan kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan


MANUSIA
Manusia menurut segi ilmu eksakta merupakan kupulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan system yang dimiliki oleh manusia . manusia itu merupakan kumpulan dari berbagai system fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energy .manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia. Dalam ilmu-ilmu social,manusia merupakan makhluk ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan ,sering disebut homo economicus.Manusia merupakan makhluk social yang tidak bisa berdiri sendiri.makhluk yang ingin memilii kekuasaan.
Manusia  juga bisa di bilang makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna,karena manusia memiliki kelebihan yang luar biasa yaitu akal dan pikiran.
KEBUDAYAAN
            Kebudayaan berasal dari kata budaya berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia . kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi system dan idea atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia,sehingga dalam kehidupan sehari-hari ,kebudayaan itu bersifat abstrak.
Banyak pendapat orang tentang arti dari kebudayaan.
Berikut ini definisi-definisi kebudayaan yang dikemukakan beberapa ahli:
1. Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2. M. Jacobs dan B.J. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi social, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan social.
3. Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.
Menurut saya pribadi kebudayaan itu bisa di diartikan sebagai adat atau tradisi turun menurun dari masing-masing daerah yang berbau seni dan religi.
Ada banyak sekali kebudayan yang terdapat di Negara kita ini “INDONESIA” :
1.Rumah adat
2.Tarian
3.Makanan
4.Suku
5.Busana adat
KAITAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN
            Manusia dengan kebudayaan sangat terkait satu sama lain .
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari kejadian-kejadian yang sudah di atur oleh sang pencita.
            Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah :
Manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.

0 komentar:

Posting Komentar