Baik sebelum
membahas hubungan antara organisasi, manajemen, dan tata kerja. saya akan
menjelaskan satu persatu terlebih dahulu apa itu organisasi, manajamen, dan tata
kerja.
·
Organisasi
Organisasi ialah Alat untuk
pencapaian tujuan dan alat bagi pengelompokan kerjasama secara struktural dan
sistematis.
Organisasi memiliki beberapa ciri, unsure, teori, jenis, dan bentuk serta tipe dan skema, seperti yang telah kita semua
ketahui.
> Ciri-ciri organisasi
seperti berikut
:
1.Terdiri dari dua orang
atau lebih
2.Ada kerjasama
3.Ada komunikasi antar
satu anggota dengan yang lain
4.Ada tujuan yang ingin
di capai
> Unsur-unsur organisasi
1.Manusia : Dalam organisasi manusia sering di sebut sebagai pegawai atau
personil yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut menurut fungsi dan
tingkatannya.
2.Kerjasama : kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota organisasi
yang dilakukan bersama-sama dalam mencapai tujuannnya.
3.tujuan bersama : arah atau sasaran yang di capai.
4.peralatan : segala sesuatu yang di gunakan dalam organisasi seperti
uang.
5.Lingkungan : kondisi dan lokasi yang mempengaruhi situasi kerja.
6.kekayaan alam : maksudnya cuaca, keadaan geografis, flaura, fauna, dll.
7.kerangka atau konstruksi mental organisasi itu sendiri.
·
Manajemen
Manajemen ialah proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui
kerjasama antar manusia, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian atau pengawasan.
>Prinsip-Prinsip
manajemen
1.Kepemimpinan
Kepemimpinan berperan dalam menentukan kesatuan organisasi dan kesatuan
arah dan tujuan organisasi.
2.Pemaksimalan
SDM
Pemaksimalan SDM merupakan prinsip manajemen yang mendorong penempatan seseorang sesuai
bidang keilmuannya.
3.Sistem manajemen
System manajemen merupakan system yang disusun untuk mencapai tujuan dan arah organisasi secara
efektif dan efisien.
4.Pendekatan proses
Pendekatan proses merupakan kegiatan manajemen yang melihat aktifitas yang dibutuhkan untuk mencapai
hasil yang di inginkan.
5.Perbaikan yang berkelanjutan
Perbaikan yang merupakan rangkaian dari kegiatan manajemen yang dilakukan
untuk meningkatkan atau mempertahankan prestasi yang diraih.
6.Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan disesuaikan dengan data dan informasi yang
akurat, sehingga keputusan yang di ambil
tidak merugikan organisasi.
7.Fokus pada konsumen
Fokus pada konsumen merupakan kegiatan manajemen yang mempelajari tingkah
laku atau perubahan tingkah laku konsumen.
>Teori manajemen
1.Manajemen ilmiah
2.Pendekatan kuantitatif
3.Klasifikasi
>Fungsi Manajemen
1.Perencanaan (Planning) : Memikirkan apa yang akan dilakukan dengan
sumber yang dimiliki.
2.Pengorganisasian (organizing) : Membagi suatu kegiatan yang besar
menjadi yang lebih kecil.
3.Pengarahan (directing) : Tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota
kelompok mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajer.
>Macam-macam manajemen
1.Manajamen sumber daya manusia
2.Manajemen pemasaran
3.Manajemen Produksi
4.Manajemen keuangan
5.Manajemen informasi
>Sarana Manajemen
Sarana manajemen terbagi menjadi 6,yaitu :
1.Man
2.Money atau Uang
3.Material
4.Machine atau Mesin
5.Metode
6.Market atau Pasar
·
Tata Kerja
Tata kerja
ialah salah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia
dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat
dilaksanakan dengan tepat pula.
>Manfaat tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja
Manfaat dari ketiga hal tersebut ,ialah :
1.Terciptanya pelaksanaan
kerja yang nyata
2.Terciptanya pengendalian
kerja
3.Adanya pedoman dalam
melakukan pekerjaan
>Asas-asas penyusunan tata kerja, prosedur kerja, dan system
kerja
1.Harus disusun secara sistematis (Teratur).
2.Harus diketahui oleh semua pihak yang bersangkutan.
3.Harus sesuai dengan kebijaksanaan pemimpin yang
berlaku.
4.Harus dapat melakukan pekerjaan dengan efisien.
5.Harus bisa ditinjau dan di evaluasi.
6.Harus bisa direvisi sesuai keadaan.
(*)Kesimpulannya bisa di
pahami, Bahwa Pada hakekatnya Manajemen, organisasi, dan tata kerja saling
berkaitan. Hal ini dikarenakan ketiganya memiliki fungsi dan peranannya
masing-masing yang saling berkaitan.
Ketiga hal tersebut dapat
dilihat dengan gambar sebagai berikut :
Penggambaran di atas jelas
memberikan keterangan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja. Bila
semuanya terurut dan dilaksanakan dengan benar, maka suatu otomatis suatu
tujuan organisasi pun akan tercapai.
(*) Pertanyaan
“ Kenapa kita siswa perlu
mempelajari teori organisasi ??? “
Jawab :
“ Karena organisasi
merupakan suatu cara agar kita dapat melakukan perkerjaan dengan cepat dan
efisien dengan cara terstruktur dan sistematis ( teratur). Dengan berorganisasi
kita dapat berinteraksi dan bertukar pola pikir dalam mengambil keputusan yang
tepat. “
0 komentar:
Posting Komentar