Sabtu, 09 Juni 2012

pengalaman tentang manusia & kebudayaan

Menurut pengalaman saya, tentang manusia dan kebudayaan itu saling berkaitan, karena kebudayaan adalah perwujudan dari manusia itu sendiri.
Kita pasti tahu bahwa dengan adanya kebudayaan, tentu mengubah tingkah laku serta pola hidup kita. Kebudayaan menentukan kebiasaan kita dalam keseharian yang kita jalani. Orang tua mendidik kita dan membuat kita terbiasa melakukan sesuatu juga termasuk dalam kebudayaan. Contohnya seperti melakukan upacara yang dilakukan daerah tertentu, atau contoh sederhananya ketika melakukan aktifitas dirumah bangun pagi lalu beribadah dan melanjutkan aktifitas sehari-hari. Contoh-contoh sederhana tersebut membuktikan bahwa kebiasaan yang kita lakukan merupakan kebudayaan yang melekat pada diri kita. Bisa kita bayangkan jika kita hidup tanpa adanya kebudayaan, maka tidak ada aturan atau panutan kita sebagai manusia untuk hidup.

Pada umumnya sekarang banyak generasi muda yang lebih cepat menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang masuk melaui proses akulturasi. Kita bisa melihat itu semua pada anak-anak yang sekarang duduk di bangku sekolah dasar. Kebanyakan lebih tau tentang kebudayaan luar dari pada negera sendiri.
Jika salah satu dari mereka di tanya tentang lagu daerah atau permainan tradisional daerah mereka tinggal pasti mereka hanya berkata tidak tau atau tidak pernah dengar.

Sungguh miris jika melihat hal seperti ini disekitar kita. Andai pemerintah dalam hal pendidikan dan budaya lebih memfokuskan hal ini pada generasi muda terutama pada anak sekolah dasar, yang dimana mereka baru mengenal dunia masyarakat baru.

Tetapi sebagian daerah di Indonesia juga banyak yang dimana generasi mudanya bisa menyeimbangkan antara budaya barat dan daerah mereka. Seperti di jawa tengah, jogja, jawa timur, bali, dsb.

Ada banyak fakta yang saya dapat dan saya alami terhadap kebudayaan kita.memang banyak sekali generasi-generasi muda kita yang sudah melupakan kebudayaan Indonesia.mereka cenderung mengikuti kebudayaan asing.bisa kita lihat dari seni music dan cara berpakain anak zaman sekarang.

Dari segi music sudah bisa kita lihat bahwa generasi muda sekarang sudah jarang yang memainkan alat music buatan kita sendiri seperti suling,angklung,dll.
Mereka cenderung menyukai music luar,ada yang aliran rock,metal,punk dan itu semua music dari budaya luar.
Dari segi pakaian bisa kita lihat juga banyak generasi muda yang kita ketahui mengikuti budaya asing,yang dulu kta berpakaian sopan santun dan sekarng kita bisa menemukan perempuan yang berpakaian tidak menutup aurat.

Pengaruh kebudayaan sangat melekat pada diri kita. Untuk itu kita sebagai warga negara Indonesia perlu atau bahkan wajib melestarikan kebudayaan kita. Sikap sederhananya mungkin dimulai dengan tidak melakukan hal yang melenceng dari budaya kita. Dengan adanya kebudayaan barat yang kian gencar memasuki Negara.
Seharusnya kita bisa membanggakan kebudayaan yang kita miliki,karena kebudayaan kita tidak kalah jauh dengan kebudayaan asing lain.


0 komentar:

Posting Komentar